CSR

Melalui Program CSR, INFODATA bantu penderita HIV AIDS

CSR

CSR 1024 511 Info Data

Lewat Program CSR, Infodata Bantu Penderita HIV AIDS

Setiap perusahaan yang telah berkembang umumnya memiliki program Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai tanggung jawab dari apa yang sudah didapat dan dicapai dalam menjalankan bisnis selama ini. Program CSR tentu bertujuan positif yang akan memberikan manfaat lebih bagi khalayak luas. Hal inilah juga yang dilakukan oleh PT. Info Solusindo Utama (Info Data) sebagai penyedia layanan solusi ICT.

Infodata merupakan perusahaan yang bergerak di bidang solusi ICT termasuk dalam penyediaan serta pemeliharaan server IT perusahaan. Sejak berdiri tahun 2012, Infodata telah dipercaya sebagai layanan solusi ICT oleh berbagai instansi baik yang berasal dari pemerintahan, industri komersial, industri hasil bumi, industri komunikasi media dan hiburan, industri jasa keuangan, dan banyak jenis industri lainnya. Dengan waktu yang singkat ini tentunya sudah banyak hal yang dicapai dan menjadi pengalaman besar. Namun, keberhasilan itu tidak lepas dari kerjasama dan kontribusi pihak lain dalam hal ini seperti masyarakat dan stakeholder lain. 

Apa Itu Corporate Social Responsibility (CSR)?

Infodata menyadari bahwa perusahaan yang berkembang dan sukses tidak dapat berdiri sendiri. Banyak elemen lain yang telah membantu berkontribusi terhadap capaian dan mendukung segala aktivitas Infodata dalam memberikan layanan solusi ICT. Oleh karena itu, CSR menjadi program kepedulian perusahaan atas apa yang sudah diraih selama ini.

CSR sendiri merupakan bentuk tanggung jawab kepada semua yang berkepentingan seperti karyawan, masyarakat, komunitas, pemegang saham, dan lingkungan. Infodata memiliki prinsip bahwa suatu perusahaan dalam melakukan segala aktivitas mendasarkan keputusan tidak hanya berdampak pada keuntungan (deviden) semata, tetapi juga menimbang dampak sosial dan lingkungan dari setiap keputusan yang diambil. 

Membantu Penderita HIV/AIDS

Pada titik inilah, Info Data menyadari tanggung jawab dalam mengelola program CSR yang pada dasarnya merupakan bentuk lain dari konsep pendekatan perusahaan kepada masyarakat. Di tahun 2016, Info Data telah melaksanakan program CSR dengan melakukan kunjungan ke Yayasan Lentera di Solo, Jawa Tengah.  Yayasan Lentera merupakan sebuah lembaga yang mengasuh anak-anak dan penderita HIV/AIDS. Selain itu, tempat ini juga menjadi rumah singgah yang menemani serta menaungi tumbuh kembang anak-anak penderita HIV/AIDS. Pada dasarnya, melalui program CSR tersebut diharapkan anak-anak dapat memperoleh hak-hak dasar, yakni hak untuk hidup dan hak untuk memperoleh kesehatan. Yayasan Lentera berusaha untuk memenuhi hak anak-anak untuk tetap bermain dan hidup normal. Oleh karena itu, program CSR sudah tepat sasaran dimana perusahaan dapat memberikan santunan dalam bentuk materi. Dengan harapan agar tercipta lebih banyak kebahagiaan kepada anak-anak yang tidak beruntung menikmati hidup normal. 

Di tahun sebelumnya, tepatnya pada bulan ramadhan, Info Data juga mengadakan kegiatan buka puasa bersama dengan anak-anak yatim piatu. Di samping itu, perusahaan juga membagikan paket sembako yang diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pokok anak-anak tersebut. Lewat program CSR tentu ada banyak hal yang dirasakan diantaranya semakin tingginya rasa kebersamaan maupun persaudaraan yang terjalin di antara karyawan. Dan hal ini juga memicu munculnya suasana harmonis di dalam lingkungan kerja. 

CSR Memiliki Nilai Lebih untuk Perusahaan

Bagi internal perusahaan, program CSR tentu saja memberikan lebih banyak manfaat. Yang pertama adalah kesempatan untuk menunjukkan perbedaan antara perusahaan Info Data dengan yang lain. Dengan melaksanakan program CSR, perusahaan berkesempatan untuk menonjolkan keunggulannya dibandingkan dengan perusahaan lain. Program CSR yang Infodata jalankan diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan anggota masyarakat tersebut. Ke depan, Infodata memastikan akan lebih banyak melakukan kegiatan sosial yang mampu memberikan nilai tambah bagi masyarakat. Lebih jauh lagi, Info Data berharap bisa terus memberikan bantuan terhadap kaum yang membutuhkan uluran tangan.