Pesatnya perkembangan teknologi mempengaruhi berbagai sektor kehidupan. Salah satunya adalah dunia perbankan yang rupanya semakin membutuhkan keberadaan ICT (Information Communication Technology) solution yang tepat. Rumitnya jaringan pada perusahaan perbankan membutuhkan solusi cepat supaya kegiatan operasional dan keamanan data nasabah dapat terjaga dengan aman. Untuk menyediakan semua itu, PT Info Solusindo Data Utama (Info Data) dengan pengalaman panjang telah berhasil mewujudkan penyediaan solusi untuk infrastruktur data center dalam dunia perbankan Indonesia.

Solusi Info Data 

Dalam menyelesaikan masalah Infrastruktur IT, Penyimpanan Data dan Server yang ada di perbankan, Info Data menghadirkan produk VMware sebagai solusinya. Instalasi VMware pada salah satu bank terbesar di Indonesia oleh Info Data merupakan keberhasilan dalam menyederhanakan masalah infrastruktur data center di perbankan.

Dari Permukiman Kumuh ke Apartemen (VMware)

Sebagai ilustrasi, proyek virtualisasi data center di perbankan ini sama seperti rumitnya pemindahan bangunan layaknya sebuah permukiman padat penduduk di pinggir kali ke konsep rumah susun (VMware) yang lebih tertata rapi dan saling terintegrasi. Pada awalnya, infrastruktur IT pada perbankan digambarkan menyerupai rumah tersebut dengan berbagai masalah seperti pembangunan rumah yang tidak teratur, penataan ruang yang salah, penggunaan air dan listrik yang juga tidak diatur dan keamanan yang tidak dijaga. Hal inilah yang mungkin menjadi penggambaran pada bank tersebut sebelum menerapkan layanan ICT solusi. Info Data lewat produk VMware kemudian dapat menyederhanakannya dengan penambahan server untuk aplikasi internal, power supply, kerapihan data sampai keamanan data.

Bank seperti diketahui adalah salah satu instansi yang memiliki permasalahan rumit yang cukup tinggi di bidang Infrastruktur data center. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, Info Data menawarkan konsep Rumah Susun dengan VMware sebagaimana dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat, memperbaiki lingkungan, dan menjadikan suasana lebih baik sekaligus menampung lebih banyak orang dengan penggunaan lahan yang lebih efektif serta efisien.

Proses Migrasi ke VMware

Selama proses migrasi dari rumah kumuh ke apartemen tentunya memungkinkan terjadinya beberapa kendala, mulai dari kesiapan/kecepatan pemindahan karena harus menyesuaikan kesiapan setiap keluarga yang terlibat dalam pemindahan, proses membawa barang lama sampai hambatan komunikasi/sosialisasi antara pemda, kontraktor, dan masyarakat. Tapi tidak perlu khawatir, Info Data berhasil menyelesaikan masalah tersebut dengan terus-menerus memberikan pengarahan, pendampingan, dan layanan selama 24 jam non stop.

Dengan mengubah pemukiman menjadi rumah susun, sama seperti mengubah Infrastruktur IT yang tadinya terpisah, semrawut, kini menjadi lebih tertata, efisien dalam memanfaatkan ruang, keamanan lebih terjaga dan lebih mudah serta cepat dalam pengaksesan. Manfaat penggunaan VMware, diantaranya:

1.Mengurangi biaya modal dan operasional.

2.Meminimalkan atau menghilangkan waktu henti.

3.Peningkatan produktivitas, efisiensi, kelincahan, dan daya tanggap IT.

4.Penyediaan aplikasi dan sumber daya lebih cepat.

24 Jam Memberikan Layanan Keamanan

Fakta bahwa kebutuhan transformasi teknologi menjadi tantangan sendiri yang mesti dipenuhi Info Data dalam menjaga keamanan data pada perusahaan perbankan, baik dari segi perangkat hardware maupun software. Sampai saat ini, Info Data terus dipercaya menjaga infrastruktur data dari gangguan keamanan data bank nasional tersebut. Untuk melakukannya, Info Data membekali diri dengan software dan sumber daya manusia yang handal dan berpengalaman.

Selama 24 jam penuh, Info Data melalui penempatan SDM yang tangguh dan handal, fokus memberikan support maintenance di lokasi pusat data bank. Di samping itu, dukungan pemeliharaan, pengawasan atau monitoring juga dilakukan secara remote. Maka dengan metode semacam ini, Info Data dapat memastikan bahwa optimalisasi infrastruktur data bisa dilakukan dengan baik, cepat, dan menyeluruh sehingga bank nasional tersebut dapat memberikan layanan yang maksimal kepada nasabah.

Bank nasional merupakan salah satu contoh keberhasilan Info Data dalam menjaga keamanan sekaligus pemeliharaan infrastruktur data perusahaan. Berdiri sejak tahun 2012, Info Data sendiri telah banyak menerima apresiasi terhadap layanan ICT yang diberikan kepada berbagai perusahaan. Dengan selalu menjaga empat prinsip yakni  solusi terintegrasi, tepat sasaran, handal, dan efisien, maka Info Data bisa membuktikan diri sebagai perusahaan penyedia solusi ICT terbaik.